Language is Fun!

Tadi pagi, saya mengajar Simona, perempuan asal Italia yang bekerja di Uni Eropa. Dia cantik dan ramah. Saya selalu semangat untuk mengajar dia karena dia sangat menunjukkan semangatnya untuk belajar bahasa Indonesia. Ya, saya harus mengurangi jatah terlambat saya sebelum dia kecewa. I'll do it!

Pelajaran hari ini adalah nama-nama hari dalam bahasa Indonesia. Seru banget! Dia cerita kalau nama-nama hari dalam bahasa Italia dihubungkan dengan nama-nama planet.
lunedì - Monday
martedì - Tuesday
mercoledì - Wednesday
giovedì - Thursday
venerdì - Friday
sabato - Saturday
domenica - Sunday

lunedì diambil dari "luna" yang artinya 'bulan'. martedì diambil dari Mars. mercoledì diambil dari Merkurius. giovedì diambil dari Pluto. venerdì diambil dari Venus. sabato diambil dari Saturnus. Atau, bisa juga mungkin ada kaitannya dengan sabat. Apakah hari sabtu yang disebut dengan hari sabat? domenica diambil dari "dominius" yang artinya 'Tuhan/tuhan'; artinya 'hari Tuhan/tuhan'.

Menarik, ya? Pelajaran hari ini lebih seru lagi buat saya karena dia bisa cerita tentang pacarnya dalam bahasa Indonesia.

Komentar