Jakarta = Rubbish

Hari Sabtu seharusnya jadi hari paling pas untuk bangun siang dan berleha-leha—apalagi malemnya abis deadline atau abis merayakan deadline dengan ‘minuman menyegarkan’ (yeah, tell me about it, guys). Tapi, buat gua, hari Sabtu bukan saatnya bangun siang. Kayak biasa, gue tetep bangun pagi dan pergi ke apartemen bergengsi di Pakubuwono (ouch, I named it) buat mencari secuil penghasilan lain, sekaligus nyelurin hobi ngajar. Hehe.

Hari itu, Alastair—anak Kinyi—nggak bisa ikutan belajar soalnya ada masalah dengan lehernya setelah maen ‘Superman-Superman-an’ ama adiknya—Cian. (Wow, ternyata, terlalu imajinatif juga nggak bagus—seenggaknya nggak bagus buat orangtuanya, hehe). Alhasil, gua lebih banyak ngobrol ama Kinyi. Dan, dia ngajakin ngobrol tentang kemacetan di Jakarta (hmm, favourite topic for foreigners who live in this capital city, really after 2 years experience I can tell you about it).

Jadilah ada pertanyaan dari dia, “What will Jakarta be in next 10 years?” (Yes, Sir, it’s really nice question, really. Don’t you know its Saturday morning? For God sake!)
Trus, berbincanglah kita dengan bahasa Indonesia yang dicampur dengan bahasa Inggris (guru bahasa Indonesia macam apa ini?). Di akhir obrolan ini, dia minta gua untuk bikin artikel buat majalah gua (gua? Boss gua kali!) tentang apa yang kita omongin sepagian itu. Berhubung butuh waktu dan pikiran lebih banyak kalo dalem bentuk artikel—dan kemungkinannya sangat kecil untuk di-publish, jadi gua mau buat draft-nya aja di sini—jadi bisa di-publish untuk gua pribadi.

Nyatanya, macet emang ngerugiin banget. Pertama, kita maen itung-itungan waktu dulu. Berapa jam loe ngabisin waktu di jalan gegara macet? Eh, itung jam kerja dulu, deh. Seminggu kita kerja (kerja normal dan kerja orangkebanyakan, ya) selama 5 hari. Kalo dikurangin ama macet pulang pergi rumah—kantor setiap hari ama macet kalo meeting di luar, kira-kira kita jadi kerja cum 4 hari. Trus, macet bikin stres tuh, kan? Akhirnya, kerja kita jga jadi nggak optimal. Itunglah kita kerja optimal jadi cuma 3 hari. Wow.

Kedua, kita liat dari kesehatan. Kayak yang gua udah bilang tadi, macet bikin stres. Dan, akhirnya kita bisa ngeluarin uang lebih banyak buat biaya kesehatan, maksudnya dokter ama obat. Nggak mungkin murah, ya. Belom lagi kalo bosen tengah jalan, trus pake pulsa buat nelepon ato jajan-jajan kecil di pinggir jalan. Hehe, berlebihan, ya. Emang, si, yang ini nggak masuk bahan obrolan waktu itu.

Ketiga dan yang paling parah, diliat dari segi biaya. Balik lagi, dari sekian jam waktu yang kebuang untuk ngeladenin macet, berapa banyak uang yang bisa kita hasilin? Hmm, kalo ngajar yang freelance, sih, lumayan banget, tuh. Hehe. Belom lagi kalo diliat dari opportunity cost (pastinya bukan gua yang ngajuin ide ini, but thanks God, gua jadi tahu, hahaha). Misalnya, gini. Sekarang, semua kota di Asia berlomba-lomba jadi kota premier, kayak Paris-nya Eropa, New York-nya Amerika, Sydney-nya Australia, (Afrika nggak disebut kota premiernya waktu itu, jadi gue nggak tahu, hehe). Dan, Jakarta pasti termasuk salah satunya. Makanya, jadi banyak investor asing yang mau nanam modal di sini (banyaknya investor asing akan semakin memperlebar kesempatan untuk jadi kota premier). Mendaratlah sang investor di Soekarno-Hatta dan langsung mau meeting di Sudirman. Tapi, dia harus makan waktu sekitar 1—2 jam gara-gara macet. Belom lagi, kalo mobil makin banyak dan sistem di Jakarta belom berubah, mobil-mobil bisa stuck di jalan (beberapa tahun ke depan secara ekstrem). Nah, trus, besoknya nih investor mau coba survey Singapura. Dia naek pesawat dari Soekarno-Hatta lagi dan satu jam kemudian udah nyampe. Dia langsung ke tempat meeting dan cuman ngabisin setengah jam dari airport Changi. Kelar, deh. Ngapain juga dia naro investasi di kota yang nggak bisa ngatur infrastrukturnya sendiri? Gimana duitnya bisa diatur di kota yang kayak gitu? Jadi? Dhag dhag, bye bye. Ekstremnya, Jakarta bisa jadi kota sekunder. Sebenernya, Kinyi ngaish contoh, tapi gua nggak inget nama kota-kota yang dia sebutin, abis nggak pernah kedengeran. Nah, Jakarta bisa jadi kayak kota-kota yang nggak perah kedengaran itu. Trus, kenapa? Nggak bakal maju! Sekarang aja susah mau maju.

Ternyata, dia punya pemikiran besar tentang Jakarta. Dia juga punya keinginan besar untuk benerin Jakarta karena dia suka tinggal di sini, walaupun dia udah tinggal pindah-pindah (Beijing, Hongkong, Seoul, London, Shanghai, Tokyo, dll). “But, what can I do? That is not my business. That is your job! Sorry I talk about rubbish today.”

So, Jakarta has same meaning with rubbish? Hehe. No, no. I know what he means.

Komentar