27


Umur 27 merupakan usia krusial bagi banyak orang. Umur itu seperti penentuan untuk meneruskan hidup atau menyudahinya saja. Alih-alih menyerah, menyudahi hidup dalam hal itu disebabkan merasa cukup dan penuh kendali.
Ketika saya hampir memutuskan untuk menyudahi hidup, saya merasa belum meninggalkan apa pun di dunia. Sebut saja nama-nama orang yang menyudahi hidupnya pada umur 27. Banyak hal dapat dikenang dari mereka, setidaknya dari hal-hal yang mereka tinggalkan. Sementara itu, saya hanya meninggalkan beberapa tiket konser terhebat dan beberapa tempat yang sudah dikunjungi. Jadilah saya berniat menunda akhir hidup saya sampai dapat meninggalkan sesuatu.
Tak lama setelahnya, saya mempunyai satu mimpi. Setelah mencari-cari jodoh untuk menaklukkan mimpi itu, dua malam lalu, saya berbagi mimpi dengan orang yang tepat. Meskipun awalnya sempat menolak, ketika saya jelaskan maksudnya, ia begitu paham dan ingin berkontribusi.
Lucu sekali kalau ingat awal mula mimpi itu. Mimpi itu bermula dari tulisan saya sendiri. Ketika saya baca ulang, saya justru ingin mengalaminya langsung. Semoga mimpi itu bisa terjadi sebelum umur 27 selesai.

Komentar