"Anak-anak" (Editor's Note - edisi 10)

Anak adalah harapan. Begitu kata banyak orang yang selalu diselipkan. Harapan kadang menjadi satu-satunya jalan keluar dari segala kendala dalam kehidupan. Wajar saja, Pandora meninggalkan harapan dalam kotak hitamnya. Karena itu, demi harapan akan masa depan, banyak orang berjuang demi masa depan anak-anak yang lebih baik, bahkan jauh lebih baik.

Tak salah, anak-anak selalu melihat dengan kaca mata yang berbeda karena belum terkontaminasi dengan racun yang telah ditebarkan Pandora ketika membuka kotaknya. Pancaran matanya memberikan ketenangan; seolah melalui tatapan polosnya, mereka menyampaikan kabar bahwa semua hal akan baik-baik saja. Jadi, bukan hanya mereka yang membutuhkan orang dewasa, kita pun—mungkin—jauh lebih membutuhkan imajinasi mereka.

Imajinasi anak-anak beserta keceriaannya membuat banyak orang tetap yakin bahwa masa depan adalah kabar baik. Tentu saja, cita-cita itu sedemikian mungkin tidak ingin dikecewakan. Kita pun berusaha keras untuk memberikan lingkungan yang sehat dan positif. Segala hal dilakukan untuk mengantarkan kehidupan yang bermutu bagi anak-anak.

Ketika liburan sang buah hati tiba, sering kali otak diputar untuk mencari jalan membahagiakan mereka tanpa menanggalkan kualitas. Traveling pun masuk daftar pertama untuk mengisinya. Namun, tak jarang pula ada kerancuan dalam perjalanan itu. Apakah anak-anak pasti bahagia ketika melihat orang tuanya senang selama perjalanan? Apakah—sebaiknya—tidak sebaliknya?

Kami memahami keadaan tersebut. Keraguan Anda bisa jadi kami jawab dalam edisi ini. Singapura dikelupas untuk memberikan kebahagiaan, tidak hanya bagi anak-anak, tapi juga orang tua maupun orang dewasa lain yang mengajaknya. Waktu berkualitas bagi keluarga tergenggam dalam tiap kulit yang kami buka.

Untuk membuktikan Indonesia juga tak terbatas dalam urusan tujuan wisata bagi anak-anak, dipersembahkan pula rincian domestik. Tujuan wisata semacam Dunia Fantasi, Ragunan, dan Taman Safari kadang suka dilupakan atau dianggap tidak menarik. Padahal, seperti yang ada dalam kilasan kami, tempat-tempat itu dapat meninggalkan kenangan manis bagi anak-anak dan orang tua.

Banyak hal yang dipelajari anak-anak sejak kecil akan mempengaruhi pola pikirnya hingga dewasa nanti. Layaknya, pemikiran positif dan penuh antusiasme ditularkan kepada mereka tanpa ragu.


*Saya telah mengubah nama majalah menjadi "kami" untuk nama baik majalah.

Komentar