"Budaya" (Editor's Note - edisi 12)

Budaya merupakan cara hidup sekelompok orang dari satu generasi ke generasi lain. Dengan demikian, budaya merupakan bukti dari peradaban manusia. Melalui budaya, dikenallah ritual kepercayaan, pencaharian, peraturan sosial, dan bahasa yang digunakan untuk bertahan hidup sebagai makhluk sosial sesuai zamannya. Berbekal pengetahuan itu, kita dapat menjadi bangsa yang mengukir sejarah yang lebih baik pada masa depan.

Jejak sejarah dan budaya juga terekam di luar garis nusantara. Pulau Rhodes, Mesir, Lisbon, Roma, Pulau Kyushu, Khmer, Petra, dan China adalah nama-nama yang masih menyimpan kisah peradaban masa lalu. Pantas disambangi sekaligus mengagumi kelihaiannya dalam melestarikan tapaknya. Tempat-tempat itu dapat ditelusuri dalam Explore Luar Negeri.

Meskipun demikian, harta karun di dalam garis nusantara tak dapat dipandang sebelah mata. Museum yang ada hampir susah untuk dihitung. Explore Domestik menyajikan sebagian saja dari rangkaian museum di seluruh Indonesia. Sungguh, Indonesia merupakan negara yang patut diacungkan jempol akan kekayaan budaya yang dimiliki.

Edisi ini pun, kami begitu spesial. Juni lalu, kami menjalin kisah dengan para pembaca dan mitra. Bekerja sama dengan komunitas BNI Credit Card, Jalan Sutra, dan Female Radio, kami mengadakan traveling ke Thailand. Tiga-puluh-lima orang turut menjelajah Chiang Mai. Kisahnya dalam edisi ini dijamin bikin Anda iri! Tapi, buat apa iri? Ikut saja penjelajahan bersama kami berikutnya.


*Saya telah mengubah nama majalah menjadi "kami" untuk nama baik majalah.

Komentar