untuk jawaban

Sudah kusebutkan sebelumnya?
Tiap malamku selalu diisi dengan pertanyaan
Bahkan, pertanyaan harus selalu disisakan
Agar ada keinginan hidup di kemudian hari untuk menjawab
Ribuan macam yang pernah ditanya
Sebelum terjawab sudah muncul pertanyaan lain
Sungkan berhenti, mungkin terlalu haus dengan jawaban

Ya, dan malam pun masih seperti malam yang sudah kusebutkan
Hanya saja, jawaban suka hadir lebih sering
Jawab satu per satu pertanyaan yang ada
Sisa pertanyaan lainnya disimpan untuk dijawab di waktu selanjutnya
Jawaban hadir untuk pinta dan tanya yang terangkai
Mohon rasa dan tanya keberadaannya
Dan hanya kamu yang jabat jawaban untuk saya

Suatu ketika semua terasa benar
Bangunan yang sudah roboh dan mulai ditata kembali
Memungut satu per satu puing yang tersisa
Buat sebentuk yang berbentuk untuk berlindung dan bernaung
Mengundang percaya dan rasa tanpa tahu akankah datang
Dan pertanyaan yang satu ini pun
Masih saja kamu yang beri senyum sebagai jawab

Saya jawab kamu
Apa kamu dengar jawaban saya?
Saya sudah teriak
Pada suatu nanti, ada yang beri bisik jawaban saya
Saya jawab kamu, semampu saya

13 oktober 2006

Komentar